LOMBA MANCING SIDAT

lomba mancing sidatBagi pencinta mancing, lomba atau turnamen mancing ikan sudah biasa. Namun lomba mancing Sidat (orang jakarta menyebutnya Moa, daerah lain mengenalnya dengan Ikan Pelus, sementara nama latinnya: Anguilla sp) hampir tidak pernah kita dengar. Hal ini dikarenakan belakangan ini sungai-sungai yang merupakan habitat alami sidat sudah rusak akibat pencemaran dan penangkapan ikan tak terkendali dengan jaring, strum dan racun. Tapi jangan salah, ternyata di Yogyakarta ada lomba mancing Sidat. Berikut petikan email dari seorang teman:

Beberapa hari yg lalu saya pulang ke Yogyakarta, sebuah kota yang bagi saya masih tetap istimewa.... Yogya, memang identik dengan banyak hal unik dan sangat menarik baik dari sisi sosial, seni maupun budayanya. Hal ini tercermin jelas dari keseharian masyarakatnya.. Banyak hal unik yang sering kita jumpai di kota ini, salah satunya adalah diselenggarakannya (secara rutin beberapa kali dalam setahun) Lomba Memancing Sidat. Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-82, sebuah kantor DPC salah satu partai menyelenggarakan kegiatan berupa : "Lomba Memancing Sidat".

Ketentuan lomba sbb:

Biaya pendaftaran: Rp.15.000/peserta

Tempat pendaftaran: 1.Jl.HOS Cokroaminoto 113Yogyakarta
2.Jl.Purwanggan 3 Pakualaman Yogyakarta
Waktu Penilaian Hasil: Hari Minggu tgl.31 oktober 2010, maks jam 10.00
Waktu lomba: Mulai hari sabtu jam 18.00 tgl 30 Oktober 2010

Tempat memancing: Sungai, lokasi bebas


Hadiah Lomba :

-Juara 1 : Rp.2.000.000
-Juara 2 : Rp.1.500.000

-Juara 3 : Rp.1.000.000
-Juara 4 : Rp. 500.000
-harapan 1 - 10 masing masing Rp.100.000.

Ketentuan lain: Sidat Juara 1 - 4 menjadi hak panitia.


Demikian infonya, barangkali ada diantara teman2 milis yang tertarik?
Catatan: Hadiah memang selalu diharapkan, tetapi biasanya pemancing sidat di yogya tidak begitu memprioritaskan nilai hadiahnya melainkan lebih senang dengan ajang kompetisinya.

Bagaimana tertarik mengikuti lomba mancing sidat?
Salam strike...
Labels: , edit post
1 Response
  1. mugi-subagyo Says:

    Wah... justru yang bikin menarik adalah lokasinya, bebas dan waktunya panjang (jangan2 ada yang curang.. udah miara sebelumnya.. he..he..3x). buat Mancing Gembira, Ayo adakan lomba yang mirip seperti ini..!! Kalo saya gak ada acara kantor, mupeng juga sih ikutan, apalagi di belakang rumah, di desa Tirto Mulyo, di kaki
    Gunung Sempu, Bantul, ada kali kecil yang banyak udang dan sidatnya (ulernya juga banyak). Nah Mancing Gembira, KAPAN..???


Poskan Komentar