LIVE ACTION SPOOLS DARI STRIKE TECH

Kali ini Mancing Gembira akan mereview inovasi baru pada reel. Baru-baru ini Strike Tech, sebuah perusahaan pembuat reel asal Selandia Baru memperkenalkan teknologi reel terbaru mereka yang dinamakan Live Action Spool (LAS) pada acara The International Convention of Allied Sportfishing Trades (ICAST) 2009. Teknologi ini memungkinkan pemancing memilih tingkatan action yang diharapkan sehingga menambah kemampuan lure beraksi di dalam air. Dengan hanya melakukan penyetelan letak spool yang tidak normal pada reel memungkinkan putaran reel menghasilkan getaran yang berbeda sehingga reaksi lure juga lebih liar.

Menurut situs Strike Tech (http://www.striketech.net) ide pembuatan reel ini berdasarkan penelitian bahwa seekor ikan predator dapat melihat 50 frame per detik dan memiliki build-in sonar dalam tulang kepalanya yang memungkinkan mereka melihat gerakan benda yang cepat dalam air dan merasakan getarannya.

Reel ini memiliki spool yang terdiri dari 2 bagian yang terpisah. Cara menggunakan reel ini hampir sama dengan reel lain, untuk menyeting tingkat action yang berbeda, pemancing bisa melakukannya dengan memutar bagian ujung atas dari spool sesuai arah yang ditunjukan pada reel. Hal ini akan membuat spool bergeser ke bagian pinggir sehingga posisinya tidak ditengah reel lagi hal ini menyebabkan ketika reel digulung, akan membuat perbedaan kecepatan reel yang menyebabkan kecepatan lure yang diretrive bergelombang (cepat - lambat - cepat) . Ketika ikan memangsa lure dan strike, hal ini akan memberikan tekanan yang cukup pada tali pancing yang akan menarik posisi spool ke posisi normal yaitu di tengah-tengah reel seperti spool lain pada reel yang normal.

Strike Tech menawarkan 3 pilihan model untuk jenis reel ini yaitu: model AA yang seluruhnya terbuat dari aluminium, model GG yang seluruhnya terbuat dari graphite dan model GA yang memiliki body dari graphite sementara spoolnya terbuat dari aluminium. Sementara untuk ukuran, Strike Tech mengakomodasikan mulai dari line ranging 5 hingga 10 lbs test. Model GG memiliki 2 + 1 Ball bearing sementara model GA dan AA memiliki 5 + 1 Ball bearing. Untuk harga, model GG dibandrol mulai dari $49.95 hingga $55.90, model GA dibandrol mulai dari $88.30 hingga $99.80, sementara model AA dibandrol mulai dari $129.30 hingga $149.90. Strike Tech juga menjamin produknya dengan warranty selam 1 tahun.

Kesimpulan: Strike Tech menghadirkan sesuatu yang cukup menarik dengan produk inovatif yang terjangkau yaitu Live Action Spool yang sangat membantu bagi pemancing pemula yang ingin mencoba teknik casting. Sementara pemancing berpegalaman cenderung lebih menyukai teknik kombinasi reel retrive dan menggerak-gerakan rod atau joran untuk menghadirkan action lure yang sebanding dengan penggunaan reel ini. Strike Tech menawarkan sesuatu yang berbeda dan unik.
Labels: edit post
0 Responses

Posting Komentar