DAPAT KIRIMAN CAPELA

squid jig atau capelaMinggu lalu, saya baru saja dapat kiriman capela atau squid jig atau biasa dikenal dengan udang-udangan dari adik. Sebelumnya saya memesan barang ini ketika dia berada di Singapura. Waktu itu saya hanya memesan 1 buah saja ukuran paling besar dan berwarna orange atau pink. Menurut beberapa rekan mancing yang berpengalaman mancing cumi, cumi sangat tertarik dengan warna orange dan pink dibandingkan dengan warna-warna lain, sementara beberapa literatur di internet yang membahas mengenai respond cumi terhadap warna juga mendukung hal ini. Selain warna-warni cerah, pada tubuh capela ada bagian yang glow in dark, ini berguna untuk mancing malam hari karena cumi mencari makan kebanyakan pada malam hari.

Setelah kiriman sampai di rumah, ketika bungkusannya dibuka, bukan main terkejutnya diriku ternyata jumlahnya banyak sekali, warnanya dan ukurannya pun macam-macam. Capela ini gunanya untuk mancing cumi. Capela ukuran kecil biasanya digunakan untuk mancing cumi dengan cara casting dari dermaga, sementara capela ukuran besar untuk mancing cumi dengan teknik trolling dari perahu dengan kecepatan rendah diatas trumbu karang sekitar pulau.
Ada satu capela yang menarik, bermerek Sure Catch, warnanya merah - kuning terbungkus kotak dari plastik dengan dasar karton. Capela ini ternyata terbuat dari plastik yang luarnya dilapisi kanvas, tetapi dalamnya terdapat beberapa biji besi bulat yang jika capela ini bergoyang akan menghasilkan suara ratteling sound.

Ratteling sound biasanya digunakan pada lure untuk mancing ikan predator. Fungsinya untuk menarik perhatian si ikan dengan suara-suara yang menggangu. Masalahnya capela ini tidak dipergunakan untuk mancing ikan tetapi cumi, apakah cumi tertarik dengan suara-suara ini atau malah menghindari suara seperti ini? Untuk lebih jelasnya akan saya tes pada trip mancing cumi berikutnya.
Labels: edit post
0 Responses

Posting Komentar